Dark Knight RIses, akhir dari seorang legenda.

Seri terakhir dalam trilogy film Batman, “Ini benar-benar menyelesaikan semua cerita tentang Batman dan Bruce Wayne. Mungkin akan sedikit mengejutkan bagi sebagian orang. Cerita kami berlatar belakang delapan tahun setelah ‘The Dark Knight’. Bruce Wayne yang lebih tua dan tidak dalam kondisi terbaik.”

Tiga tahun diam, Christopher Nolan akhirnya memberi sedikit bocoran tentang kisah pamungkas trilogi Batman arahannya, di Majalah Empire edisi awal November.

Setelah ‘Batman Begins’ (2005) dan ‘The Dark Knight’ (2008), sutradara papan atas Hollywood itu segera menutup kisah pahlawan kegelapan di Kota Gotham dengan: ‘The Dark Knight Rises’ (2012).

Tak akan ada lagi Batman 4. “Saya sudah membereskan (syuting). Itu menjadi kali terakhir saya mengenakan kostum Batman. Semua sudah selesai. Semua sudah berakhir. Itu akan menjadi era terakhir Batman untuk saya dan Nolan,” kata Christian Bale, yang kembali dipercaya memerankan Batman dan Bruce Wayne.

Sejumlah karakter yang masih hidup kembali muncul: Jim Gordon (Gary Oldman), Lucius Fox (Morgan Freeman), dan Alfred (Michael Caine). Membaur dengan karakter baru: Bane (Tom Hardy), John Blake (Joseph Gordon-Levitt), Selina Kyle/ Catwoman (Anne Hathaway), dan Miranda Tate (Marion Cotillard).
Tanpa Joker yang menjadi primadona di ‘The Dark Knight’, ‘The Dark Knight Rises’ akan menghadirkan karakter Bane sebagai supervillain yang akan menjadi lawan tangguh Batman.

Bane akan memberi tantangan yang belum pernah Batman temui. Memberi ujian fisik dan mental. “Dia brutal. Brutal. Dia bisa memanipulasi sendi, meretakkan tengkorak, menghancurkan tulang rusuk, mematahkan leher, dan merobek dada. Dia memiliki mental teroris dengan aksi brutal.”

Desainer kostum Lindy Hening memberi bocoran sosok Bane. “Dia terluka di awal cerita. Dia sakit, dan membutuhkan gas untuk bertahan hidup. Dia tak bisa hidup tanpa topengnya, yang mengalirkan gas dari dua tabung di punggung,” ujarnya.

Lewat thriller berdurasi 1:45, ‘The Dark Knight Rises’ menguras rasa penasaran jutaan penikmat film yang tak sabar menunggu tayang perdana 20 Juli 2012. Diunggah 18 Juli 2011, thriller film produksi Warner Bros itu mencetak hits di YouTube dengan hampir empat juta pengakses.

Internet Movie Database (IMDb) menempatkan ‘The Dark Knight Rises’ di urutan teratas daftar 22 kisah sinematografi paling ditunggu di tahun 2012. Disusul ‘The Avengers’, dan ‘The Hobbit: An Unexpected Journey’. Reuters sepakat dengan nominator ini.

Film-film superhero mendominasi di tengah sederet film menarik yang hadir tahun depan: ‘The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 2’, ‘The Bourne Legacy’, ‘Men in Black III’, ‘The Amazing Spider-Man’, ‘Dark Shadows’, ‘Snow White and The Huntsman’, ‘The Great Gatsby’, dan ‘Mirror Mirror’.
‘The Avengers’ memancing penasaran karena menampilkan sejumlah karakter superhero dari komik Marvel sekaligus: Hulk (Mark Ruffalo), Iron Man (Robert Downey), Captain America (Chris Evans), Thor (Chris Hemsworth), Black Widow (Scarlett Johansson), dan Agent Coulson (Clark Gregg).
Sementara ‘The Hobbit: An Unexpected Journey’ sudah pasti hanyut dengan ketenaran trilogi ‘The Lord of The Ring’. Setelah delapan tahun, prekuel ‘The Lord of the Ring’ itu akan kembali mempertemukan penonton dengan para hobbit dan keajaiban dunia Middle Earth.

Sejumlah bintang dari trilogi garapan Peter Jackson itu kembali tampil: Gandalf The Grey (Ian McKellen), Galadriel (Cate Blanchett), Legolas (Orlando Bloom), Saruman (Christopher Lee), dan Gollum (Andy Serkis).
‘The Hobbit: An Unexpected Journey’ rencananya rilis 14 Desember 2012.
Mengambil latar 60 tahun sebelum kisah ‘The Lord of the Ring’, film ini menyorot kehidupan dan petualangan Bilbo Baggins (Martin Freeman), hobbit yang mewariskan One Ring ke Frodo Baggins di ‘The Lord of the Ring’.
‘The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 2’ mungkin masih akan mengambil banyak penonton, tapi film-film superhero mungkin akan jauh lebih dahsyat menyihir dunia. Terutama ‘The Dark Knight Rises’, dan ‘The Hobbit: An Unexpected Journey’.

Sutradara hebat

Banyak faktor yang membuat ‘The Dark Knight Rises’ dan ‘The Hobbit: An Unexpected Journey’ menjadi nominator paling dinanti tahun depan. Tak sekadar melihat cerita, tapi juga citra seniman-seniman hebat yang menggarapnya.

Orang sudah kadung tersihir dengan karya-karya Nolan. Sentuhan tangan dingin sutradara asal Inggris ini berhasil memulihkan trauma penonton atas film ‘Batman and Robin’ (1997), yang dianggap menghancurkan citra Batman sebagai pahlawan kegelapan.

‘Batman Begins’ yang rilis tahun 2005 sukses mengembalikan karakter sejati sang caped crusader. Sedangkan ‘The Dark Knight’, yang rilis tiga tahun setelahnya, meledak dengan pendapatan tiga kali lipat. ‘The Dark Knight’ bahkan bertengger di posisi ketiga sebagai film terlaris sepanjang masa, setelah ‘Avatar’ dan ‘Titanic’.

Nolan memang dikenal sebagai sutradara box office. Hampir semua filmnya menuai pujian dengan pendapatan spektakuler. Yang mungkin masih hangat di ingatan adalah ‘Inception’, film tentang petualangan di alam mimpi yang merebut empat Piala Oscar.

Bagaimana dengan Peter Jackson? Melihat kesuksesan trilogi ‘The Lord of The Ring’ rasanya sulit meremehkan sutradara asal Selandia Baru ini. Tak hanya meraup keuntungan besar, film kolosal itu yang diangkat dari novel karya JRR Tolkien itu juga banjir pujian dengan sederet penghargaan bergengsi.
Menilik rekam jejak itu tak heran jika banyak yang tak sabar menanti kehadiran ‘The Dark Knight Rises’ dan ‘The Hobbit: An Unexpected Journey’

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s